Jenis Makanan Sulit Dicerna

Rabu 09.56 by rendy pratama

Tidak semuanya makana bisa dengan mudah dicerna oleh perut, ada juga beberapa makanan yang sulit dicerna. Sepertii contohnya pernahkah anda merasakan perut Mulas, Kembung atau sering  buang gas di saat makan atau setelah makan?. Seringkali kita menyepelekan hal itu. Gejala tersebut mungkin saja bisa  terjadi karena anda baru saja mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna.
Untuk menambah pengetauan apa saja makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, ada baiknya anda mengetahui beberapa jenis makanan dibawah ini yang disinyalir sulit dicerna:
Kubis-Kubisan 
Makanan jenis kubis-kubisan seperti kol dan brokoli merupakan makanan yang kaya serat juga bernutrisi.  Namun seratnya yang terkandung di dalamnya sulit dicerna oleh tubuh. kubis merupakan makanan yang sedap untuk mikroflora (bakteri di dalam usus). Mikroflora inilah yang menghasilkan penumpukan gas yang mengandung belerang dalam usus besar kita. Sehingga, perut terasa sesak akibat penumpukan gas dalam usus. Jika anda tidak ingin merasakan begah di dalam perut ada baiknya jika anda merebus sebentar untuk jenis kubis-kubisan tersebut.
Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan juga sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi di dalam tubuh. Kacang juga dipercaya dapat membantu mengurangi kolesterol serta penyakit jantung. Namun kacang juga dapat menyebabkan kondisi lambung menjadi stres sebab kadar lemak di dalam kacang 60%. Untuk menghindari kondisi  perut yang kembung ada baiknya  anda mengkonsumsi kacang dengan cara dijadikan semacam bubur agar lebih mudah dicerna.
Makanan Pedas 
Sebenarnya makanan pedas seperti cabai sangatlah bagus untuk pencernaan, namun jika mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang cukup banyak pun sangat tidak dianjurkan. Jika anda merupakan salah seorang penggemar capcaisin sepertinya anda harus berhati-hati mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih. Capsaicin adalah zat yang banyak terdapat pada paprika, cabai, dan jalapeno (cabai khas Meksiko). Senyawa capsaicin yang berukuran kecil tidak dapat dipecah oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan iritasi pada usus halus.
Buah Nangka
Mengkonsmsi nangka dalam jumlah yang banyak akan membuat perut terasa kembung seharian, jika tidak percaya anda boleh coba. Hal tersebut dikarenakan buah nangka merupakan buah yang sulit dicerna. Buah nangka yang matang akan melunakan unsur serat yang membuat perut begah.
Es Krim 
Memang sangat nikmat rasanya mengkonsumsi Es Krim, namun minuman dingin ini pun mampu menyebabkan masalah pada perut, seperti sesak dan kembung. Karena makanan yang terkandung dalam Es Krim mengandung lemak yang cukup banyak. Lemak akan melekat di dalam perut lebih lama dari makanan lainnya. Adapun kekurangan enzim laktase yang diperlukan untuk mebantu memecah gula susu ini akan menyebabkan tubuh terserang diare dan terlalu sering buang gas.
Sumber Gambar : 

0 Response to "Jenis Makanan Sulit Dicerna"

Posting Komentar