4 Zat Berbahaya Dibalik Produk Pembersih Rumah

Jumat 11.12 by rendy pratama


Produk pembersih rumah bisa dibilang penolong untuk membantu membuat ruamah terlihat lebih  bersih dan rapih. Ternyata dibalik itu semua produk pembersih rumah pun memiliki beberapa zat kimia berbahaya yang dapat menganggu kesehatan anda dan keluarga. Beberapa zat kimia berabahaya yang terkandung di dalam produk pembersih rumah bisa berakibat gangguan pernapasan  dan juga penyakit ginjal sertam penyakit lainnya .
Untuk lebih jelas, dibawah ini  ada 4 zat berbahaya di balik produk pembersih rumah yang wajib kita waspadai.
Zat Phthalates 
Zat Phthalates, merupakan zat berbahaya yang bisa menganggu kinerja kelenjar endokrin. Zat tersebut biasanya ditemukan dalam produk-produk rumah tangga seperti sabun pencuci piring, tisue wangi, pengharum ruangan. Pintarya para produsen biasanya tidak mencantumkan zat tersebut dalam  kemasan produk, namun anda bisa melihat kata” fragrance” atau “ perfume” dalam kandungan zat di kemasan tersbut. Dipastikan kemungkinan produk tersebut mengandung Phthalates.
Dampak lain yng terjadi untuk pria, menurut para peeliti ialah denga konsentrasi  Phthalates yang tinggi  di dalam darah mampu mengurangi jumlah sperma. Zat ini pun dikatakan memicu mgrain dan juga penyakit asma dalam tubuh.
Zat Botoxyethanol
Zat tersebut biasanya terkandung di dalam produk-produk pembersih rumah seperti pembersih jendela dan juga dapur. Menurut penelitian bahan ini bisa menyebabkan sakit tenggorokan disaat kita  menghirupnya. Dalam kata lain zat Botoxyethanol pun  mampu menuruknkan sistem saraf pusat dan juga kerusakan liver serta ginjal. Selain itu efek lainnya juga sangat berbahaya jika digunakan di dalam ruangan kecil dan terutup.
Zat QUATS (Quartenary Ammonium Compounds)

Zat ini pun bisa dikatakan sangat berbahya untuk kesehatan, pasalnya Quats merupakan bentuk lain dari mikroba serta efeknya sama seperti triclosan yang mampu menumbuhkan bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Zat tersebut biasanya terkandung pada produk-produk rumah tangga seperti pelembut kain. Quats juga mampu membuat kulit anda iritasi kulit serta menyebabkan gangguan pernafasan.
Zat Triclosan 
Biasanya kita sering menemukan zat berbahaya tersebut di produk sabun cair, sabun batangan, deterjen dan sabun khusus tangan yang bisa anda dapatkan di supermarket. Zat ini bisa memicu pertumbuhan bakteri yang kebal terhadap obat. Para peneliti Amerika Serikat  pun tidak mengetahi persis bahwa Zat Triclosan mampu menjadikan seseorang lebih sehat atau malah sebaliknya. Selain itu, beberapa studi juga menemukan bahwa konsentrasi tinggi triclosan sangat berbahaya bagi habitat alga yang hidup di sungai dan aliran air. Triclosan juga bisa mengganggu keseimbangan dan fungsi hormon pada tubuh manusia.
Sebagai konsumen hendaknya kita selalu berhati-hati dan juga waspada terhadap zat yang terkandung di dalam produk pembersih rumah yang sering kita abaikan. Semoga informasi diatas bisa  menambah pengetahuan anda dan juga saya agar lebih berhati-hati dalam memilih produk pembersih rumah.
Sumber gambar :

1 Response to "4 Zat Berbahaya Dibalik Produk Pembersih Rumah"

  1. lantai-modern Says:

    Umumnya zat-zat pembersih itu menggunakan bahan-bahan kimia

Posting Komentar