Oleh-Oleh Khas Palembang

Selasa 09.45 by rendy pratama

Detik-detik Sea Game yang akan di selenggarakan di stadion Palembang kita pastinya ditawarkan dengan jajanan yang super mantab di kota ini. Palembang Merupakan Salah satu ibu kota provinsi Sumatra selatan , salah satu kota terbesar kedua setelah Medan. Dikota ini juga merupakan kota yang memiliki komuntitas warga Tionghoa cukup besar, itu sebabnya mengapa makanan disini berbahan dasar ikan.
Jangan pulang dengan tangan hampa jika mampir kesini tanpa membawa oleh-oleh seperti  dibawah ini :
Pempek 
Jangan lewatkan untuk membawa buah tangan makanan khas asal palembang yang satu ini, namanya pempek. Makanan yang berbahan  dasar ikan dengan campuran sagu menjadi makanan yang mampu menyihir kota palembang dan juga indonesia. Pempek saat ini sudah diolah dengan berbagai macam varian seperti isi telur, kulit ikan dan juga tahu. Pempekyang terkenal di palembang antara kain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek lenggang, pempek panggang, pempek belah dan pempek otak - otak.
Kerupuk Ikan
Kerupuk ikan juga merupakan salah satu oleh-oleh yang tidak boleh dilupakan. Kerupuk ikan asal palembang meberikan sensasi makan kerupuk yang berbeda karena  rasa ikannya sangat berasa  sekali. Oleh Karena itu sayang sekali jika anda melewatkan untuk mebawa pulang kerupuk ikan khas palembang.
Kemplang 
Makanan yang satu ini berbahan dasar pempek lenjer, nah dimanana cara pembuatannya diiris-iris tipis lalu dijemur hingga kering. Setelah kering Kemplang juga bisa dimasak dengan cara digoreng atau di panggang.
Tekwan
Tekwan merupakan salah satu makanan khas palembang degan tampilannya mirip sekali dengan sup ikan berbahan dasar daging ikan dan juga sagu kemudain dibentuk kecil-kecil mirip sekali dengan bakso ikan. Untuk kuah tekwan ini menggunakan kaldu udang serta soun dan juga jamur kuping sebagi pelengkap.
Kue delapan jam
Mendengar namanya sedikit lucu ya. Ternyata Kue ini dibuat dengan adonan mirip dengan  kue maksubah . Ternyata mengapa dinamakan kue delapan jam ini ialah karena proses pembuatannya memang memerlukan waktu hingga delapan jam lamanya. Kue yang satu ini sering disajikan untuk tamu-tamu kehormatan.
Kue Maksubah
Kue khas Plembang ini jangan lupa anda bawa pulang untuk ole-oleh, kue yang dibuat dengan berbahan dasar telur bebek  dan juga susu kental manis sekiranya membutuhkan sekitar 28 butir  telur. Adonan ini diolah seperti kue lapis, Kue ini merupakan salah satu kue yang dipercaya sebagai salah satu sajian istana kesultanan Palembang yang seringkali disajikan untuk tamu kehormatan.
Masih banyak lagi makanan lainnya yang menjadi makanan khas Pelmbang, Nah untuk  berwisata sambil menyaksikan Sea game yang sebentar lagi akan dimulai ini, tidak ada salahnya untuk hunting oleh-oleh buat dibawa pulang. 
 Sumber gambar : www.bisniskuliner.com, www. kangzusi.com, www.okefood.com
 

13 Response to "Oleh-Oleh Khas Palembang"

  1. Aji Prast Says:

    Paling suka sama mpek-mpek, apalagi yang asli dari Palembang, beda rasanya sama mpek-mpek buatan Jakarta.

  2. Alkindi Siregar Says:

    Biarpun aku dari Medan, tapi aku suka banget masakan Palembang, seperti yang ada diartikel ini. Pokoknya masakan Sumatera itu TheBest lah, apalagi masakan Padang tak usah ditanya lagi..he.he..tapi aku ngomong gini bukan karena aku orang Sumatera loh, nggak ada kaitannya..hehehe...

    http://www.djadoelpost.com

  3. rendy pratama Says:

    Aji Prast : bener banget tuh mas aji,,,,


    Alkindi Siregar : gurih-gurih gimana gitu,,pokoknya kalo mempir ke palembang pasti bawa oleh-oleh ini.....hehhehe

  4. Ririn Widiya Says:

    Aku pecinta masakan jawa soalnya dari lahir makan masakan jawa terus. Meskipun begitu aku suka masakan asing, waktu makan empek2 palembang yang isinya telur ternyata enak juga. :D

  5. rendy pratama Says:

    ririn widya: hehehhe mantab rasanya mbak bikin ngiler...^^

  6. ASAZ Says:

    aku penggemar Pe-Empek dan kurupuk

  7. obat mata herbal Says:

    maknyuz bozzz..

  8. amstrong indonesia Says:

    terima kasih atas informasi yang telah anada berikan,

  9. security services Says:

    jadi ingin ke palembang.

  10. pemeliharaan mesin Says:

    cukup membuat terkesan atas resep makanan diatas :)

  11. jantung koroner Says:

    lezat.

  12. motivator indonesia Says:

    wow enak-enak bungut

  13. rumah di sewa Says:

    sesuatu bungut.

Posting Komentar