Masih Mau kah Kita Mengkonsumsi Ini ?

Selasa 10.38 by rendy pratama

Jajanan di pinggir jalan memang selalu menggiurkan kita, entah itu bakso , mie ayam, Soto serta jajanan lainnya yang senantiasa membuat kita tergiur. Kebanyakan Bakso dan Mie ayam kerap mejadi primadona di berbagai kalangan. Coba bayangkan apa yang paling nikmat jika kita mencicipi mie ayam dan bakso? Pasti keduanya terasa hambar tanpa adanya Saus?. Meskipun tidak semuanya  menyediakan saus yang tidak sehat namun kebanyakan yang sering kita jumpai yakni saus botolan dengan cap yang sama namun harganya jauh sangat murah. 
Saya tidak sekalipun ingin menakut-nakuti anda, namun baiknya anda lebih berhati-hati jika ingin memilih saus. Jangan sampai merugikan diri anda sendiri, kalau bia tak apalah jika harganya agak sedikit mahal namun tetap aman untuk kesehatan. Mungkin banyak berita yang mengupas bagaimana cara membuat saus murahan tersebut hingga akhirnya sampai ke masyarakat.
Beginililah proses pembuatan saus murahan yang sering kita temukan di pinggir jalan. 

 
Menggunakan cabai dan juga tomat busuk tentunya di dapatkan dengan harga murah
Proses pengemasannya juga langsung dilakukan di tempat tersebut, tentu saja dengan teknologi seadanya. Saus yang telah diproses, dikemas, dan siap dipasarkan. Sejauh ini belum ditemukan unsur yang melanggar hukum.
Belum berhasil mengungkap produksi saus berbahaya, penelusuran dilanjutkan ke pembuat saus lainnya. Akhirnya didapati lagi salah seorang pembuat saus sambal yang diduga hasil produksinya sangat tidak higienis.
proses pembuatan saus sambal yang sangat tidak layak. Buah-buahan yang sudah busuk dihaluskan bukan dengan mesin tapi dengan diinjak-injak. Agar saus tahan lama adonan ditambahkan pengawet natrium benzoat.
Supaya berwarna segar dan menarik pembeli pewarna tekstil pun dihalalkan dicampur ke dalam adonan saus. Padahal, penggunaan bahan kimia tanpa perhitungan apalagi juga menggunakannya bukan untuk makanan akan sangat membahayakan.
Supaya tak terlalu ketara ada trik untuk mengelabui konsumen. Agar hasilnya lebih sempurna adonan disaring supaya saus lebih halus. Dan agar bau menyengat dari bahan-bahan busuk hilang adonan saus berbahaya ini dipanaskan. Proses pemanasan dilakukan juga untuk membuat saus ini lebih kental.
Saus pun siap dikemas. Botol-botol yang dibeli dari rongsokan jadi pilihan agar saus terlihat meyakinkan meski tanpa merek. Satu persatu botol diisi penuh dan siap dipasarkan.

Itulah beberapa informasi yang saya dapatkan dari internet, waduh rasanya shock juga sebab saya pun terkadang suka mencicipi saus tersebut, rasanya mungkin nikmat namun dibalik  kenikmatan tersebut menyimpan bahaya yang sangat fatal untuk kesehatan.
Untuk kedepan baiknya kita lebih berhai-hati dalam mengonsumsi saus botolan ini. Jangan sampai kita menyesal diakhir nanti, Semoga bermanfaat dan juga mengajari kita banyak hal akan kesehatan. Lantas Masih Mau kah Kita mengkonsumsi Ini ?

Sumber Gambar :
http://abisyakir.wordpress.com/
http://fungisidaorganik.blogspot.com/
http://berita.liputan6.com/ 
http://mayarudolf.blogspot.com/

4 Response to "Masih Mau kah Kita Mengkonsumsi Ini ?"

  1. Dhemy Says:

    mastab gan,update terus dahhh...

  2. rendy pratama Says:

    sama-sama.... trimakasih atas kunjungannya :-)

  3. yus yulianto Says:

    mengerikan ya sekarang...

  4. adeline Says:

    makanya jangan jajan sembarangan!!! hehe

    infonya menarik...

Posting Komentar