Trik Jitu Merawat Aksesori dari Rotan

Rabu 10.30 by rendy pratama

 (Peralatan Rotan)
Dibandingkan dengan material kayu, rotan memiliki beberapa kelebihan. Rotan tingan dan praktis dalam penataan. Sifatnya lentur, sehingga mudah dibentuk. Rotan juga dapat dikreasikan dengan bahan lain, seperti eceng gondok, pandan, atau bambu.
 (bangku yang terbuat dari rotan)
Rotan seringkali mempercantik area rumah kita dengan berbagai macam bentuk dan desing yang lucu. Jika anda datang ke showroom mungkin anda akan menemukan berbagai macam rotan yang dijual dengan berbagai macam selera dan gaya.
Merawat rotan mungkin  dirasakan gampang-gampang susah, namun untuk merawatnya juga tidak susah juga kok. Bagi sebagian orang yang memiliki aksesoris rotan ini mungkin sesuatu hal yang membosankan. 
(Tas dari rotan )
Selain kelebihan, rotan juga memiliki kelemahan. Seperti halnya material alam lainnya, rotan rentan terhadap perubahan cuaca, rayap, dan lembap. Nah, agar kekurangan material ini tak merusak kondisi aksesori rotan Anda, maka lakukanlah perwatan secara berkala. Caranya, tidak rumit.
Berikut ini ada beberapa poin untuk merawat rotan sehingga tetap terjaga keindahannya untuk pemanis ruangan anda
  • Furnitur rotan tidak tahan terhadap perubahan cuaca, maka perhatikan penempatannya. Lebih baik tempatkan furnitur rotan untuk dalam ruangan.
  • Sebisa mungkin hindarkan rotan dari air. Kelembapan dapat membuat rotan lapuk dan rapuh. Bagaimana jika sudah terlanjur terkena air? Segera keringkan dengan kain lap kering. Jika perlu, jemur hingga kering.
  • Hindari penggunaan cairan kimia. Cukup bersihkan aksesori rotan dengan lap kering. Cairan kimia justru berpotensi merusak cat dan lapisan melamik pada furnitur.
  • Tidak ada salahnya juga lho melakukan finishing ulang. Agar furnitur rotan tetap mengkilap. Biasanya finishing ulang dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali.
  • Waspada ancaman rayap. Untuk menghindarinya anda cukup menyemprotkan larutan campuran kapur barus dan minyak tanah. Jika terdapat lubang-lubang kecil pada badan aksesori, suntikkan cairan yang sama ke dalam lubang-lubang tersebut.
So, mudahkan merawat rotan...? mumpung dikit lagi mau hari raya, tidak ada salahnya untuk merawat barang-barang rotan agar tetap terjaga kualitasnya. Semoga bermanfaat J

1 Response to "Trik Jitu Merawat Aksesori dari Rotan"

  1. Rattan Furniture Says:

    kalo sudah terlanjur kena jamur bagaimana cara menghilangkannya?

Posting Komentar