Menabung yuk...!

Jumat 11.34 by rendy pratama

“Hemat pangkal kaya “Kita sering sekali mendengar pepatah tersebut dari jaman kanak-kanak sampai sekarang. Sebagian orangtua mengajarkan menabung sedari kecil,dan menghemat uang jajan yang kita punya.

Saat ini kita harus mengajarkan betapa pentingnya menabung untuk anak kita. Menabung juga harus diterapkan sampai saat ini dalam kondisi apapun baiknya kita mengalokasikan sebagian uang yang kita miliki untuk ditabung.

Kadang kala kita seringkali terbentur dengan kebutuhan yang mendesak dan tagihan-tagihan yan membuat kita lupa menyisihkan sebagian uang yang kita punya. Apa lagi jika kita yang memiliki ATM di bank. Untuk sebagian orang mungkin merasa  bisa menabung uang di bank dengan menggunakan ATM namun sebagian yang lainnya mengeluh tidak mampu memegang atm.

Mungkin dengan beberapa tips praktis menabung disini mampu membuat kita bersemangat dan bisa menyisihkan sebagian uang untuk di tabung:

Sisakan minimal 10 % dari pendapatan yang kita punya setiap bulannya
Kita harus memiliki pola yang seminim ini jika kita harus menabung  paling tidak 10 % dari pendapatan kita tiap bulannya. Kalau perlu sediakan rekening bank khusus untuk menabung tabungan ini. Dan 10% pendapatan kita yang kita simpan ditabungan kalau perlu tidak usah diminta untuk dibuatkan ATM, hal itu menghindari keinginan kita untuk menggesek ATM.


Prioritaskan kebutuhan barang –barang yang dinilai paling dibutuhkan terlebih dahlu untuk dibeli.
Kebanyakan sebagian orang tergoda untuk membeli barang-barang yang diluar kebutuhan, ini dia yang menjadi masalah besar terhalangnya menabung. Untuk saat ini baiknya prioritaskan kepentingan yang sangat dibutuhkan terlebih dahulu, kalau perlu buat anggaran setiap bulannya.

Sebagian orang yang sering terkecoh  tidak bisa membagi kebutuhan
Kadang kita sering terkecoh dengan membagi kebutuhan, hal ini bisa dipengaruhi beberapa faktor, yakini mumngkin tayangan iklan di televisi, dan ketidakpengetahuan kita seberapa penting barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan utama atau tidak.

Jangan lapar mata
Khusus untuk wanita “jangan Lapar mata”,biasanya wanita yang lebih konsumtif. Jika melihat barang bagus di mall wanita sering terkecoh untuk membeli barang tersebut, takut barang yang kita inginkan kehabisan nantinya.

Sisakan uang tak  terduga tiap bulannya
Ini penting, sisahkan paling tidk sebagian uang untuk ditabung wanti-wanti ada kebutuhan yang sangat mendesak, karena sifatnya uang ini diluar anggaran, dan harus berkomitmen uang ini hanya bisa dipakai jika ada kebutuhan yang sangat mendesak.

Jangan lupa, infak
Satu hal yang kecil ini mungkin sering kita lupakan” infak/ Sadakoh”. Manfaat infak dan sadakoh ini memang sangat bernilai besar meskipun dilakukan  dari hal yang kecil. Percaya atau tidak meskipun dalam agama memerintahkan untuk senantiasa berinfak setiap bulannya. Namun Infak juga ternyata  merupakan hukum ketertarikan atau  yang sering kita dengar Law atraction, jadi jagan lupa  untuk berinfak.

0 Response to "Menabung yuk...!"

Posting Komentar