Tips Menawar Harga

Selasa 11.07 by rendy pratama


Untuk sebagian orang proses tawar menawar adalah hal yang sangat sulit, apalagi untuk seorang pria, butuh pengalaman dan kelihaian taktik serta strategi untuk menawar. Berbeda dengan ibu-ibu mereka lebih lihai untuk menawar barang di pasar. Seperti kebanyakan orang tentunya anda menginginkan produk bagus yang di dapat dengan harga murah seperti keinginan anda.
Tapi tunggu dulu meskipun konsumen adalah raja, namun pedangang tidaklah sembarangan untuk memberikan harga rendah kepada konsumen. Memang memerlukan trik pintar agar kita bisa berargumen dengan para pedagang secara lihai, meskipun sebenarnya kita masih amatiran untuk tawar menawar.
Analisa harga dipasaran
Sebaiknya ketika anda hendak memulai proses tawar meawar pastikan anda sudah paham betul harga pasaran produk tersebut. Sehingga andapun bisa mematok harga pasaran dan seberapa pantas harga yang nantinya akan anda tawarkan kepada si pedagang.
Jangan terkesan butuh
Ini dia yang sering kita lakukan ketika menemukan barang yang kita inginkan, raanya tidak ada barang lain yang diujual di tempat lain. Baiknya jika anda sangat menginginkan barang tersebut, pura-puralah untuk memasang muka yang berusaha tidak terlalu butuh kemudian lakuakan penawaran harga.
Memulai dengan separuh harga
Biasanya harga pembuka yang dilakukan oleh para penjual terlampau mahal. tidak ada salahya jika kita memulai separuh harga dari harga produk yang ditawarkan. Jika penjual tidak bisa memberi harga yang kita inginkan, jangan patah semangat, cobalah untuk menaikan harga sedikit demi sedikit, siapa tahu lama kelamaan akan berhasil.
Jangan tergiur dengan diskon ataupun bujukan pedangang.
Ini dia kelihaian para pedagang, mengangap barang yag dijualnya semuanya bagus “its the best” sebaiknya anda jangan terpengaruh dengan kata - kata tersebut sebelum anda menganalisa keunggulan prodk tersebut dari produk lainnya. Jangan terpengaruh dengan adanya diskon yang diberikan besar - besaran, biasanya diskon besar harga barang juga dinaian terlebih dahulu.

Gunakan bahasa sopan
Baiknya jika anda menawar gunakana bahasa sopan, namun tetap tegas. Pedagang yang biasanya satu kampung halaman dengan konsumen lebih bisa terbuka, ketimbang pemebeli yang tidak bisa memahami bahasa pedagang. Anda juga bisa manfaatkan keahliaan berbahasa anda dengan mengikuti logat bahasa mereka. Siapa tahu anda dikasih potongan harga yang cukup tinggi?.
Ungkapkan kekecewaan dan kebanggaan produk
Jika sebelumnya anda pernah membeli produk yang sama, mungkin bisa anda share kepada pedagang, apakah produk tersebut memberi kepuasan untuk anda ataukah tidak. Kekurangan dan kelebihan produk yang hendak anda beli harus anda tuangkan dengan jujur agar para penjual juga tertarik dengan kejujuran anda.
"Jangan meyerah"
Ini tips yang terakhir, jika anda menginginkan produk tersebut jatuh ketangan anda satu kunci yang harus anda pegang “ jangan menyerah” terus merayu si pedagang hingga akhirnya mau memberikan harga seperti yang anda harapkan.
Mungkin dengan tips singkat ini anda bisa menjadi seorang penawar yang handal seketika. Menawar juga harus memiliki trik yang jitu agar si pedagang luluh. Yang terpenting adalah percaya diri, dengan percaya diri anda bisa menepatkan situasi apapun dengan tepat, termasuk dalan hal tawar – menawar. Yaa... semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk anda yang hendak berbelanja.
(gambar: www.google.com)

8 Response to "Tips Menawar Harga"

  1. ivan Says:

    yang namanya menawar harga itu selalu sulit bagi saya mas... :(

  2. rendy pratama Says:

    mungkin dengan cara ini bisa dicoba..hihiihi..SEMANGAT...!!

  3. Anonim Says:

    thank's tipsnya

  4. Mukti Effendi Says:

    he he he. banyak tips tips di atas telah saya jalani. saya suka denga artikel anda. bagi saya tiada belanja tanpa menawar. soalnya kadang penjual keterluan bantet sich mematok harga barang. bisa berlipa-lipat tuh hasilnya jika tidak ditawar

  5. rendy pratama Says:

    @Anonim : trimaksih kembali...:)

    @Mukti Effendi :siip, sebagai pembeli kita harus pintar, bhakan lebih pintar dari pedagang,,heheh

  6. asaz Says:

    kalau beli di Mall atau mini market tidak bisa tawar menawar

  7. Jasa Pembuatan Blog Says:

    Mantap! Tipsnya.. :) Saya akan coba terapkan saat belanja ke pasar baru :)

  8. rendy pratama Says:

    @asaz : iya sepertinya kalo belanja di mal gak bisa ditawar...:)

    @Jasa Pembuatan Blog : trimakasih..moga manfaat:)

Posting Komentar