Tips Berbelanja menjelang hari raya

Selasa 10.12 by rendy pratama

                 
Tidak terasa hari raya idul fitri akan kita jelang dalam beberapa minggu kedepan, pastinya sebagian orang sibuk untuk mempersiapkan segala macam kebutuhan yang akan menghiasi lebaran nantinya. Sebagai orang tua kita pasti menginginkan terpenuhinya segala kebutuhan lebaran nantinya untk keluarga tercinta. Namun ada juga yang sibuk mempersiapkan kebutuhan lebaran sampai akhirnya kita lupa akan momen lebaran itu sendiri .
Kiat membelanjakan berbagai macam kebutuhan lebaran seharusnya menjadi salah satu cara kita untuk mensiasati agar kantong tidak jebol seusai mendapat tunjangan hari raya atau yang sering kita sebut”THR”.
Sedikit tips belanja cerdas dibawah ini mungkin bisa membantu pengeluaran anda untuk membelanjakan kebutuhan hari  raya nantinya.
Prioritaskan kebutuhan utama
Kebutuhan utama adalah mutlak dan memang harus diutamakan, kebutuhan ini meliputi biya transportasi selama mudik, konsumsi lebaran nantinya dan jangan lupa untuk memprioritaskan zakat fitrah. Jadi pastikan kebutuhan ini harus terpenuhi dengan baik. Jika kondisi keuangan anda memungkinkan, mungkin anda juga bisa membeli kebutuhan pendukung lainnya.
Jika ingin membeli baju lebaran
Jika anda ingin menyisihkan uang untuk membeli baju lebaran, pastikan anda untuk membeli baju lebaran yang memang dibutuhkan bukan hanya sekedar gaya atau trend mode saja, karena arti lebaran adalah kembali pada fitrah yang utama. Namun sebagai kebutuhan anda untuk menggunakan baju yang bersih dan rapih. Jangan sampai terjerumus dengan nafsu belanja anda.
Sediakan waktu satu hari saja
Cukup satu hari saja untuk menyisihkan waktu belanja anda untuk membeli semua kebutuhan anda. Pastikan dalam satu hari ini anda bisa menghabiskan waktu anda untuk membeli keperluan lebaran dengan bijak, sehingga tidak menambah hari lainnya. Biasanya jika kita menyisihkan waktu yang  banyak untuk berbelanja atau sekedar melihat-lihat saja , secara otomatis pasti kita akan mengularkan anggaran lain untuk membeli sesuatu yang ada.
Jangan lapar mata
Ini biasanya kebiasaan yang sering dialami oleh kebanyakan dari kita dalam membelanjakan berbagai macam kebutuhan menjelang lebaran. Pastikan tetapkan tujuan dan jagan lapar mata untuk membeli semua yang anda inginkan.
Jangan tergiur oleh diskon
Biasanya menjelang lebaran berbagai macam departement store menyediakan diskon bersar-besaran menjelang hari raya. Hal ini merupakan taktik yang dilakuakan untuk menarik banyak konsumen yang datang. Padahal harga tersebut bisa jauh lebih mahal dari harga biasanya. Pastikan juga anda teliti untuk membeli barang-barang diskon,  Agar menghindari barang cacat ketika kita membelinya.
Berikut adalah beberapa tips semoga bermanfaat untuk anda semua mengelola uang tunjangan hari raya anda. Dan anda bisa menyiapakan anggaran berapa besar kebutuhan yang harus dipenuhi dengan bijaksana.

2 Response to "Tips Berbelanja menjelang hari raya"

  1. asaz Says:

    tambah lagi kalau belanja bawa catatan, jadi yng dibeli sesuai dengan yg di catat

  2. rendy pratama Says:

    iya benar tuhh heheh:)

Posting Komentar