Cara Tepat hembuskan dan buang masalah

Senin 09.50 by rendy pratama

Setiap orang pasti memiliki masalah, dengan tingkat dan kadar yang tidak bisa diprediksi, masalah yang kita alami kadang membuat kita larut dalam keadaan itu, sehingga munculah tingkat stres yang berfariatif. Sejenak hembuskan beban masalah anda dengan beberapa terapi dibawah ini yang mampu mengusir masalah dalam waktu yang singkat.
Cobalah untuk menarik napas dan membuangnya dengan benar, hal ini ternyata bagus untuk kesehatan, mengapa? Karena hal ini dipercayai  dapat membakar lemak, mengurangi stres, dan banyak hal yang menguntungkan lainnya yang perlu kita ketahui. Ternyata cara napas yang kurang benar hal itu akan menimbulkan hal yang negatif bagi kesehatan.
Dibawah ini saya mendapatkan info mengenai beberapa masalah dan cara mengatasinya dengan menggunakaan beberapa teknik pernafasan dibawah ini:
1.Masalah Kecemasan
Menurut sebuah penelitian jika anda cemas nafas akan terbatas. Kunci untuk meredakan cemas adalah dengan cara menegangkan sistem syaraf.  Ada sistem Fight or fight dalam tubuh. Sistem ini membuat tubuh melawan atau menghindar dari masalah. Hingga menghasilkan adrenalin atau hormon stres seperti kristol. Hal ini juga memicu sistem syaraf parasimpatetik yang akan mengatur fungsi istirahat dan pencernaan hingga membuat pikiran lebih tenang
Coba: Tekhnik soft belly
Umumnya kita menarik dan membuang nafas 15 kali dalam setiap menit, namun ketika kondisi seang cemas cobalah untuk menarik nafas 7 sampai 8 kali nafas tiap menit. Lalu mencoba tekhnik tarik nafas dari hidung dan mengeluarkannya dari mulut. Pada saat melakukannya diusahakan perut dalam kondisi relaks.
2.Masalah Berat Badan Naik
Jika anda mempersalahkan berat badan anda naik  karena makanan yang anda makan, Eittsss jangan dulu,sebab pikiran yang disebabkan stres akan mampu membuat badan anda membengkak. Menurut penelitian para ahli stres mampu mempercepat kalori menjadi lemak karena anda cenderung makan banyak dan memilih makanan yang tidak sehat. Cara terbaik mengelola stres  adalah dengan memperlambat pernafasaan anda yang akhirnya akan menghambat hormon stres.
 Coba : Nafas dari mulut dengan tekhnik bersiul
Pernafasan yang lambat dan terlatih akan mengontrol apa-apa saja yang anda lakukan. Coba tarik nafas selama 4 detik dari hidung, dan mengeluarkannya 8 detik dari mulut yang dibentuk sedemikian mungkin seperti bersiul.
Alternatif lain metode pernafasan hindu yang dikenal dengan sebutan ujjayi. Coba tarik nafas selama 6 detik dan keluarkan selama 6 detik juga.
3.Masalah Ganguan jantung
Setiap hari anda cenderung diambordir oles suara dan emosi yang membuat sistem saraf terbebani. Semua itu dapat memicu pnyakit jantung. Dengan pernafasan yang baik tekanan darah tinggi dan detak jantung yang cepat dapat dihindari. Anda  bisa memicu relaksasi ini dengan mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik.
Coba: Nafas bergantian dari lubang hidung.
Menurut sebuah penelitian studi di nepal teknik untuk menurunkan kecepatan detak jantung  dan tekanan darah diastolik. Padahal semakin tinggi tekanan dara diastolik semakin tinggi juga seorang wanita terkena penyakit jantung. Cara yang baik untuk bernafas duduk bersila dan tutup mata anda. Gunakan jempol tangan untuk menutup hidung tangan dan kiri. Lalu gunakan jari manis tangan yang sama untuk menutup lubang hidung sebelahnya, keluarkan nafas perlahan-lahan. Ulangi kegiatan ini selama dua menit.
4.Masalah alergi
Alergi bisa dibedakan hingga beberaa jenis, namun bisa diringankan gejalanya dengan menggunakan cara pernafasan yang benar.
Coba: bernafas ala lebah
Coba anda duduk dalam posisi yang nyaman , tarik nafas dari hidung lalu sambil membuang nafas  keluarkanlah gumaman dengan nada tinggi (suara yang dikeluarkan sama dengan hembusan nafas dari hidung saat buang nafas. Pada saat melakukan ini anda merasakan getaran dalam idung , dada, dan kepala . McCall menggrisbawahi bahwa dengan cara menggumam membuat anda cenderung memperlambat proses pembuangan nafas , yang pada akhirnya mencipatakan teknik pernafasan yang baik bagi anda yang sedang mengalami kecemasan selain alergi.
Tidak ada salahnya kan mencobanya teknik bernafas diatas untuk menjadikan anda sehat dan mengatur pernafasan anda dengan baik sehingga menghindari resiko-resiko penyakit serius lainnya. Latihan pernafasaan untuk olahraga sehari-hari anda juga bisa menggunakan senam yoga. Semoga bermanfaat.

4 Response to "Cara Tepat hembuskan dan buang masalah"

  1. Anonim Says:

    Thanks berat bos, atas tipsnya ini. Bermanfaat

  2. rendy pratama Says:

    okeyy...salam kenal yaa

  3. donny Says:

    bagus

  4. Tip Sehat Says:

    setuju gan dgn bahasan artikelnya

Posting Komentar