Puding Sitrun

Senin 16.57 by rendy pratama

Membuat puding memang gampang-gampang susah bagaimana cara kita pandai atau tidak untuk mengolahnya menjadi puding yang istimewa. Kali ini saya mau bagi-bagi resep bagaimana membuat Puding Sitrun,kedengarnya puding ini pasti rasanya asam,asamnya disini menggunakan jeruk dan  kulit lemon yang di parut. Penasarana kan??? Yuk kita langsung lihat cara pembuatannya.
Bahan:
2-3 buah jeruk lemon
1 sdm kulit lemon parut
2 bungkus agar-agar bubuk (putih)
600 ml air
150 gr gula
2-3 tetes pewarna kning lemon
150 ml ptih telur
Saus:
2 kuning telur
2 sdt tepung maizena
500 ml susu cair
100 gr gula pasir
1 sdm rum
Caranya:
Peras jeruk lemon, ambil airnya sebanyak 6 sdm(90 ml) . Parut kulit lemon 1 sdm, sisihkan.
Didihkan agar-agar bersama air dan gula. Masukan air jeruk dan kulit jeruk serta pewarna kuning. Aduk perlahan, masak menggunakan api kecil. 

Kocok putih telur sampai kaku. Masukan adonan agar-agar ke dalam putih telur, aduk terus sampai adaonan hampir dingin.
Siapkan loyang yang berdiameter 22 cm.Perciki dengan sedikit air matang agar mudah untuk dicetak.Tuangkan adonan tersebut ke dalam loyang. Dinginkan sampai menegeras, keluarkan puding dari loyang setelah mengeras, potong-potong sesuai selera.
Saus: Aduk kuning telur bersama maizena sampai rata. Tuanggi 100 ml susu, lalu aduk. Masak sisa susu dengan gula pasir sampai mendidih dan larut. Lalu kecilkan apinya.
Masukan adonan telur ke dalamnya, aduk terus sampai rata dan mengental. Aduk lagi hingga dingin, masukan rum, aduk rata. Lalu siap di tuangkan ke atas puding sebagai saus.
Nah bagaimana mudahkan cara membeuatnya, semoga bisa menjadi menu yang wajib anda cioba di rumah.


0 Response to "Puding Sitrun"

Posting Komentar