Faktor penyebab bayi lahir cacat

Selasa 15.33 by rendy pratama

Sebagai seorang Ibu kita pasti menginginkan bayi lahir dengan sehat dan sempurna, Tanpa cacat.  Namun kadang kala sesuatu terjadi di saat hamil yang menyebabkan anak dilahirkan dengan masalah serius.

Sebagai kaum ibu kita perlu mengetahui beberapa  faktor penyebab bayi dilahirkan cacat atau tidak sempurna.
Berikut dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab bayi dilahirkan cacat:

Infeksi Teksoplasma
Teksoplasma adalah salah satu penyakit yang ditularkan  oleh kucing kepada manusia. Penyebabnya adalah parasit Teksoplasma gondii. Proses penyebarannya bisa dari berbagai  macam cara namun yang sering kita jumpai parasit ini tersebar melalui makanan. Untuk memastikan seseorang mengidap firus ini bisa dilakukan dengan pengecekan darah.
Infeksi ini biasanya terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan dapat menyebabkan cacat badan, mata dan organ lain.
Campak Jerman
Campak jerman atau sering kita kenal RUBELLA ,yaitu inveksi virus menular yang menyebabkan gejala seperti nyeri sendi.
Penularannya bisa disebabkan karena percikan ludah dari si penderita. Untuk memastikan seseorang mengidap penyakit ini, lakukan pemeriksaan antibodi  terhadap virus rubella dalam darah. Infeksi ini terjadi  kurang dari 16 minggu masa kehamilan. Beresiko cacat bawaan pada janin.
Timbal Yang termakan
Timbal atau timah hitam merupakan salah satu dari sekian banyak unsur yang ada di dalam. Unsur berlambang Pb ini banyak tersebar di rumah melalui debu. Hal ini  dapat merusak sel-sel otak janin yang sedang dikandung si ibu hamil.
Merkuri
Ini info penting bagi mereka yang gemar makan permen karet da memiliki gigi yang sudah di tambal,Pasalnya ketika mereka mengunyah amalgam ikut terkikis. Amalgam memiliki kadar merkuri yang salah satu memiliki logam berat penyebab kanker dan cacat janin.
Asap rokok
Ini juga yang perlu dihindari oleh ibu hamil karena merokok dapat , Menyebabkan bayi kurang oksigen, dan masuknya karbon monoksida  yang beracun.
Obat
Khusus Di Amerika obat yang dapat menyebabkan cacat janin antara lain obat pereda nyeri. Obat anti radang , Anti biotika , Zat besi, Obat Maag, dan obat penenang. Obat tersebut bisa menembus plasenta dan berpengaruh  buruk terhadap janin.
Faktor Lainnya:
Kecacatatan bayi juga bisa disebabkan dengan kelainan kromosom, Penyakit pada ibu seperti diabetes melitus, kecanduan alkohol, serta riwayat bawaan pada keluarga  atau kehamilan sebelumnya dan radiasi.

Demikian beberapa Faktor penyebab bayi lahir cacat, Semoga  informasi diatas bisa bermanfaat untk kita semua, sehingga kita bisa merawat tubuh dan kesehatan kita terutama untuk ibu hamil yang harus ekstra merawat kesehatan untuk tubuh dan janin.

 gambar: www.google.com



1 Response to "Faktor penyebab bayi lahir cacat"

  1. nila dewi Says:

    pembantu saya sdg hamil muda, apa yg harus saya sarankan berkaitan dg tema diatas ?

Posting Komentar