Tips Tidur Baik Untuk Yang Sulit Tidur

Senin 11.31 by rendy pratama


Jika anda merupakan salah satu orang yang merasakan sulitnya tidur, mungkin bisa jadi kamu memang tidak mengetahui bagaimana cara tidur yang baik untuk kesehatan. Faktor yang membuat orang sulit tidur biasanya dipicu melalui makanan dan tingkat stres/ gelisah yang cukup tinggi. Namun kononnya setiap orang memiliki faktor yang berbeda-beda dalam mengalami susah tidur. Beberapa tips dibawah ini akan memberikan beberapa tips tidur yang baik untuk kesehatan anda, berikut ini tips-nya:
  • Pergilah tidur dan usahakan pada waktu yang sama tiap harinya. Dengan tidur yang teratur dapat menguatkan tubuh kamu, dan pada saat bangun tidur tubuh merasa lebih segar.
  • Jangan makan atau minum dalam jumlah banyak sebelum tidur. Makan malamlah sekitar 2 jam sebelum tidur. Apabila anda  mudah mengalami panas dalam perut, hindari makanan pedas juga berlemak itu hanya dapat memperparah dan mengganggu aktivitas tidur. Jangan terlalu banyak minum, terlalu banyak cairan mengakibatkan anda terbangun hanya untuk buang air kecil yang secara otomatis mengganggu tidur anda.
  • Hindari nikotin, kafein, dan minuman beralkohol pada malam hari. Itu semua dapat merangsang kamu tetap terbangun. Perokok sering mengalami gejala witdrawal di malam hari, dan merokok di tempat tidur sangat berbahaya. Hindari kafein paling tidak 8 jam sebelum tidur. Tubuh anda  tidak menyimpan kafein, tapi perlu waktu lama untuk menghilangkan rangsangan dan efek dari kafein tersebut. Alkohol, meskipun sering dipercaya bahwa alkohol bisa menjadi obat penenang, tapi sebenarnya alkohol dapat menggangu tidur.
  • Latihan fisik secara teratur. Aktivitas fisik yang teratur, terutama aerobik dapat membantu anda tertidur dengan cepat dan membuat tidur anda  nyenyak. Lakukan latihan fisik kurang atau sama dengan 3 jam sebelum tidur.
  • Buatlah kamar tidur anda dingin, gelap, tenang dan nyaman. Ciptakan ruangan yang nyaman untuk tidur, atur tingkat pencahayaan, suhu, kelembaban, sesuai pilihan anda. Gunakan kelambu, penutup mata, penutup telinga, selimut, kipas angin, alat pelembab udara atau alat lainnya guna menciptakan suasana nyaman yang kamu inginkan.
  • Tidur lebih awal. Tidur siang mungkin dapat mengganti waktu tidur malam anda. Waktu tidur di siang hari juga terbatas paling tidak hanya setengah jam dan itu pun biasa dilakukan di tengah hari. Apabila anda bekerja pada malam hari, tutup jendela kamar agar terhindar dari cahaya matahari, sebaliknya bagi anda yang bekerja pada siang hari tapi masih saja kesulitan bila bangun pagi, biarkan terbuka jendela kamar, dengan begitu sinar matahari masuk dan membantu membangunkan tidur anda.
  • Gunakan alas tidur dan bantal yang nyaman. Pemilihan tempat tidur berbeda2 tiap orang. Tapi anda  harus memastikan bahwa  alas tidur dan bantal adalah yang ternyaman untuk kamu.
  • Melakukan rutinitas sebelum tidur. Sebelum tidur lakukanlah rutinitas yang mungkin bisa membantu tidur seperti, latihan pernafasan, berendam air hangat, membaca buku, mendengarkan musik, dll.
  • Pergilah tidur ketika anda sudah merasa lelah . jika anda  tidak dapat tertidur antara 15-20 menit, bangun dan lakukan sesuatu. Dan kembali ke tempat tidur jika merasa lelah. Jangan memikirkan masalah, stress hanya akan menghalangi tidur.
  • Minum obat tidur hanya untuk pilihan terakhir. Cek ke dokter sebelum mengkonsumsi obat tidur. Dokter akan memastikan bahwa obat yang anda minum tidak mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Apabila anda  minum obat tidur maka haruslah diperhatikan dosisnya, jangan mencampur obat tidur dengan alkohol. Jika anda  masih merasa ngantuk dan malas sampai siang hari, maka tanyakan kembali ke dokter tentang dosisnya.
Beberapa tips tidur baik diatas bisa memabantu anda untuk mengetahui bagaimanan sebaiknya tidur yang sehat. Menghindari sulit tidur anda di malam hari dan yang pasti mampu mengembalikan tubuh anda menjadi fresh dan segar kembali besok harinya. Semoga beberapa tips diatas bermanfaat untuk lagkah tidur yang sehat bagi anda dan keluarga. ^^

Sumber Gambar : 
www.lintasan.info.com

4 Response to "Tips Tidur Baik Untuk Yang Sulit Tidur"

  1. Love is blind Says:

    mantap gan...

  2. si Tongo saba Kota Says:

    jadi pokonya tidur harus sesuai jadwal

  3. ABIMA-NEW SN Says:

    good tips Bro!

    hahahaha
    :)

  4. Sehat dan Sejahtera@Vemma Business Says:

    Terima kasih , Informasinya sangat bermanfaat.
    Ijin kan sedikit share untuk hidup lebih berkualitas dan awet muda, nikmati pula
    VEMMA Nutrisi Cair Sari Kulit manggis Kualitas Terbaik yg terbukti sebagai antiOksidant terkuat dan ANTI KANKER
    http://blog-vemma-indonesia.blogspot.com/
    Bonus : Potensi Income tanpa batas jika anda tertarik Menjalankan Bisnisnya

Posting Komentar