Ini dia penyakit akibat gula berlebih..!

Kamis 11.10 by rendy pratama

gambar : www.lovelytoday.com
Terik  matahari siang semakin membuat kita tidak bisa menahan untuk tidak bisa meminum es sirup atau semua yang manis dan juga dingin. Namun ternyata keinginan kita tersebut harus ditahan jika anda tidak ingin tubuh  terserang berbagai macam penyakit akibat mengkonsumsi gula berlebih.
Menurut dr. Em Yunir, SpPD, Akhir- akhir ini penderita diabetes melitus dari kalangan muda memang meningkat, Penyebabnya adalah gaya hidup mereka yang tidak sehat,Kendatipun  masih muda dan tidak ada keturunan keluarga menderita diabetes mellitus tetap saja kena .
Gaya hidup sekarang ini, serba sibuk membuat orang semakin tidak menerapkan pola makan sehat.Mereka makan hanya sekenyangnya saja tanpa mempedulikan gizi yang masuk kedalam tubuhnya.Penyebab diabetes mellitus sendiri adalah kurang gerak, di dalam tubuh terdapat insulin yang bertugas mengolah dan mengedarkan gula. Jika insulin tidak mampu mengedarkan gula karena sudah berlebihan , gula  itu akan bocor melalui saluran kencing dan membuat air seni menjadi manis. Orang yang menyukai makan banyak dan tidak bergerak sangat berisiko terkena diabetes mellitus.
Menurut Nancy Appleton, PhD, yang menulis buku Lick The Sugar Habit, ada sekitar 76 penyakit yang disebabkan oleh gula..Berikut ini ada beberapa penyakit yang sering kita temui dalam kehidupa sehari- hari.
1.      Merusak system kekebalan tubuh
William Sears,MD, Dokter anak dari California menjelaskan Seratus gram (8 sendok makan) gula dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman hingga 40%.Kondisi inilah yang membuat seseorang menjadi mudah terserang penyakit atau terinfeksi kuman dan bakteri.

2.      Menyebabkan gangguan jantung
Mengkonsumsi gula secara berlebih dapat mengakibatkan kolesterol baik menurun, sedangkan kolesterol jahat meningkat.Pecinta gula juga akan memiliki kadar trigliserida tinggi dalam darah. Triglesirida ialah asam lemak bersifat jenuh yang saat menumpuk dapat menjadi sumbatan bagi jantung, sehingga menambah resiko terkena serangan jantung.

3.      Meningkatkan resiko terkena kanker
Mulai dar kanker payudara, prostat, ovarium,pancreas, saluran empedu dan kandung kemih.

4.      Merusak hati
Sebuah penelitian di University of Colorado menyatakan, penderita penyakit perlemakan hati. Biasanya suka mengkonsumsi minuman bersoda atau minuman kemasan yang kandungan gulanya tinggi. Sisa gula dan trigliserida yang tidak diedarkan ketubuh akan menganggu fungsi hati.

5.      Menyebabkan kelumpuhan otak.
Kadar gula yang berlebihan di tubuh dapat menyebabkan kelumpuhan otak.

6.      Menjadikan kulit keriput
Pertemuan gula dan protein secara ilmiah akan menghasilkan enzim glikasi. Enzim ini yang menyebabkan kerusakan   sel kulit.dan menyebabkan penuaan kulit. Jaringan yang rusak adalah kolagen dan elastin, keduanya merupakan jaringan yang menjaga kekenjangan kulit.

7.      Dapat membuat kecanduan
Gula seharusnya juga dikonsumsi secara benar dan tidak boleh berlebihan. Rasa manis yang terdapat pada gula dapat menyebabkan kecanduan, dengan mengkonsumsi gula, kadar hormone dopamin yang memberi sensasi dan bahagia semakin meningkat.
Jika anda sayang pada diri anda sebaiknya mulai sekarang “Stop gula berlebih”sejak sekarang. Terlalu banyak resiko yang akan anda tanggung jika anda kelebihan dalam mengkonsumsi gula.


2 Response to "Ini dia penyakit akibat gula berlebih..!"

  1. adeline Says:

    duh serem banget ternyata...emang ga boleh jajan sembarangan nih..

  2. rendy pratama Says:

    iya bener,,,waspada gula berlebih ^^

Posting Komentar