Jamu, Resep Kecantikan yang Tak Lekang Waktu

Senin 09.19 by rendy pratama

Keindahan perempuan tentu tak sebatas dari luar saja, namun juga dari dalam. Itulah keindahan seorang perempuan yang sesungguhnya. Untuk mendapatkan penampilan yang terlihat bersinar dan istimewa, atau orang Jawa menyebutnya dengan manglingi, perawatan dari luar saja tentu belum cukup. Sebaiknya perempuan juga melakukan perawatan dari dalam, misalnya dengan menjaga makanan, berolahraga, menjaga pola hidup, meditasi, sampai minum jamu.

Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti akar-akaran, daun-daunan, rempah-rempah, dan sebagainya. Jamu biasanya berasa pahit dan perlu ditambah pemanis agar rasanya lebih dapat diterima peminumnya. Dahulu kala, minum jamu merupakan tradisi yang dilakukan oleh para putri keraton Jawa untuk menjaga keindahan tubuhnya. Tetapi kini kebiasaan tersebut telah memasyarakat, terlihat dari banyaknya penjual jamu, dari penjual jamu gendong hingga kafe. 

Manfaat Jamu

Sebagai tradisi, jamu dipercaya sebagai obat alami yang sangat ampuh untuk berbagai hal. Jamu, menurut sebagian orang, terbukti memiliki khasiat yang luar biasa khususnya untuk kecantikan perempuan, seperti menjaga tubuh tetap langsing, mencegah penuaan, dan mengatasi masalah kewanitaan. Jenis jamu yang akrab di telinga masyarakat, antara lain jamu beras kencur, kunir asam, cabe puyang, dll. Selain populer, jenis jamu ini juga terkenal khasiatnya dalam kesehatan dan perawatan kecantikan.

Jamu kunir asam, misalnya, dipercaya dapat menyuburkan kandungan dan baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda. Ada pula penjual jamu yang menganjurkan minum jamu kunir asam untuk melancarkan haid. Jenis lain, yaitu jamu cabe puyang baik diminum oleh ibu yang sedang hamil tua. Jamu paitan walaupun rasanya yang pahit namun berkhasiat untuk menghilangkan bau badan dan jerawat.

Jamu kunci suruh dimanfaatkan oleh wanita, terutama ibu-ibu untuk mengobati keluhan keputihan atau fluor albus. Manfaat lainnya yaitu untuk “merapatkan” bagian intim wanita, menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut. Jamu uyup-uyup atau gepyokan adalah jamu yang digunakan untuk meningkatkan produksi air susu ibu bagi ibu yang sedang menyusui. Namun, ada penjual jamu yang mengatakan terdapat khasiat lain seperti menghilangkan bau badan yang kurang sedap. Berikut beberapa resep tradisional jamu Indonesia yang bisa menjadi alternatif perawatan murah yang patut untuk dicoba sebagai salah satu penghargaan dan pelestarian kekayaan leluhur bangsa.


1. Mengencangkan Wajah yang Kusut
Tiriskan rendaman beras lalu haluskan bersama kunyit dan bangle, campur dengan air mawar hingga mengental. Usapkan ke wajah setiap malam sebelum tidur seperti menggunakan masker, diamkan selama 15 – 30 menit. Basuh dengan air hangat. Lakukan rutin niscaya Anda akan mendapatkan wajah yang kencang, segar, dan awet muda.

2. Menghilangkan Bekas Luka
Tiriskan beras dan tumbuk halus bersama kencur. Usapkan pada bekas luka dan lakukan rutin selama 2 minggu. Niscaya bekas luka akan hilang.

3. Penambah Darah
Jamu ini baik sekali dikonsumsi oleh perempuan yang tengah menstruasi, yaitu untuk mencegah kekurangan darah serta menghindari keluhan letih dan lesu. Cuci bersih tangkai daun pepaya muda, tambahkan temu ireng lalu tumbuk hingga halus. Beri segelas air matang lalu saring. Minum sehari sekali selama periode menstruasi atau setelahnya. Alhasil, Anda akan mendapatkan tubuh yang segar, bugar, dan enerjik.

Sumber : majalah gaia

4 Response to "Jamu, Resep Kecantikan yang Tak Lekang Waktu"

  1. ramuan pelancar haid Says:

    artikelnya bagus bos, sangat bermanfaat.

  2. Toko Online Ramuan Madura Says:

    jamu herbal alami seperti kunir memang mempunyai banyak khasiat. artikel ini sangat bagus dan bermanfaat bagi masyarakat. trims

  3. Toko Online Ramuan Madura Says:

    jamu herbal alami seperti kunir memang mempunyai banyak khasiat. artikel ini sangat bagus dan bermanfaat bagi masyarakat. trims

  4. air beras untuk kecantikan Says:

    terimakasih sis, bermanfaat sekali nih

Posting Komentar