Tempat Ngopi Yang Nikmat

Selasa 11.38 by rendy pratama
NGOPI SERASA DI TANAH TORAJA


Ngopi sembari ngerumpi di tempat nongkrong yang enak, memang pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Oleh sebab itu butik ini kerap dijadikan ajang nongkrong menghabiskan waktu.Kalau mendengar kata boutique, kita biasanya langsung teringat pada soal mode. Maklum butik menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia artinya toko tempat menjual pakaian dan perlengkapannya. Tapi, kalau masuk ke butik yang satu ini jangan harap bakal menemukan sepotong pakaian, bahkan secuil saputangan. Soalnya, Tator Coffee Boutique hanya menyediakan minuman kopi dan teman-temannya.

Sesuai dengan namanya, Tator yang merupakan kependekan dari Tanah Toraja, memang mengandalkan kopi asal Tator yang kenikmatannya sudah sampai ke mancanegara.Menurut manager yang membawahi Tator, ada beragam kopi yang dikenal, seperti kopi dari Aceh, Medan, dan Lampung. Tapi, kopi Torajalah, katanya, yang paling digemari. “Rata-rata kopi yang dijual sebagai souvenir di mana-mana itu adalah kopi Toraja”, ujarnya.

Selain ingin menyuguhkan kenikmatan kopi asal Tator, butik ini juga ingin membawa suasana Tator yang asri ke Jakarta. Tak heran jika pemilik tempat ini membawa Tongkonan, rumah adat Tator, ke kawasan Plaza Senayan Jakarta tempat butik ini berada.

Tongkonan keci-kecilan yang terbuat dari paduan kayu dan kain hitam ini memang bukan tongkonan yang sarat akan nilai-nilai luhur yang dikandungnya. Maklum, dekorasi rumah adat ini adalah etalase kaca dengan dereten pastry, penganan yang sama sekali tak punya kaitan dengan akar budaya Toraja. Apalagi di sisi-sisinya dipajang pula berbagai jenis roti yang menegaskan bangunan unik itu bagian dari sebuah tempat untuk menjajakan makanan dan minuman.

SAJIAN UNIK KOPI TORAJA DENGAN TEKNOLOGI JEPANG
Kala membayangkan bakal menemui kopi Toraja berjenis Arabica yang terkenal dengan aroma dan rasanya itu disajikan dengan cara biasa, anda salah besar. Di Tator Coffee Boutique, minuman yang berkafein itu disajikan di depan tamu dengan alat yang bernama syipon. Alat ini menurut PR Officer PT Puri Intirasa, dibeli dari Jepang dengan harga berkisar Rp 1,2 juta per unit. Kendati demikian tak semua tamu asal Jepang tahu bahwa alat itu berasal dari negerinya.

Syipon tersusun dari sepasang labu kaca berukuran kecil yang dapat di susun atas bawah pada sebuah penyangga dari baja stainless. Labu yang berada di bagia atas disebut dengan upper, sementara bagian bawah disebut dengan lower.Tak ketinggalan sebuah kompor kecil berbahan bakar spiritus yang mudah terbakar namun apinya berwarna biru, untuk memanaskan air yang dituang di labu lower.
Menurut penjelasan salah seorang pelayan, bubuk kopi Toraja yang akan disajikan bagi tamu dituang di labu upper. Takarannya tergantung permintaan. Yang tak ingin terlalu kental, silahkan pilih takaran reguler. Sementara yang ingin sedikit lebih kental tersedia pilihan medium strong.

Setelah itu kompor kecil akan memanaskan air pada labu lower sampai air akan terserap ke atas menuju labu upper lalu melarutkan bubuk kopi. Pemanasan akan dihentikan saat air di labu lower habis terserap lalu dengan otomatis pula larutan kopi dan air di labu upper turun ke labu lower sebagai larutan yang telah tersaring. “Inilah sari pati dari kopi Toraja”.
Siap disajikan? Belum. Untuk menyajikannya ke dalam cangkir ada teknik tersendiri pula. Larutan kopi di labu dituang ke dalam cangkir dengan memberi jarak yang cukup jauh antara kedua wadah saat penuangan. Gunanya agar aroma kopi Toraja yang khas itu bisa keluar dan menyebar. Selanjutnya terserah tamu untuk memberi rasanya, kalau mau manis, maka diberi takaran gula secukupnya. Namun kalau sebaliknya, tinggal dinikmati dengan obrolan-obrolan yang menghangatkan suasana.

Agar acara mengobrol berjalan semakin nikmat, tidak ada salahnya memilih tator house tart dan avocado chocolate, dua jenis pastry andalan ini sebagai teman ngopi. Tator house tart adalah cake yang dibuat dari coffee cream dan dipermanis dengan peanut sponge. Avocade chocolate pula cake yang dibuat dari coklat dan alpukat yang lezat. “Avocado chocolate ini pasti habis tiap hari. Hal ini menggambarkan betapa cake yang satu ini menjadi primadona makanan di tempat itu.

Lihat menuya yukkk...! 

Melihat menunya saja udah teriur nih nikmat banget kelihatanya.Tempat santai yang nyaman dengan sentuhan kopi nikmat ditemani dengan cemilan lezat tentuya,gampang sekali untuk menuju ke"Tator Coffe Boutiqe" ini saya kasih alamatnya:

Tator Coffee Boutique

Branches:
Menteng Huis GF
Jl. Cikini Raya No.2-4
Menteng - Kondangdia Jakpus
Telp 021-39831850 Open:
10.00 - 20.00
Franchise Hotline:
Ph. 62-813 1487 1989

Semoga Informasi diatas bermanfaat ya.
Sumber : http://www.tatorcafe.com

0 Response to "Tempat Ngopi Yang Nikmat"

Posting Komentar